Sabtu, Februari 21, 2009

SEBUAH PEMIKIRAN MENGENAI MAKNA POLITIK

Mungkin kita dulu pernah beranggapan dan mungkin masih menganggap, Politik itu lebih kejam dari pada ibu tiri. Menurut pemikiran saya pribadi politik itu baik adanya,karena politik itu kunci dari semua aktivitas manusia sehari-hari. Dimanapun juga kita pasti berhadapan langsung dengan politik, contohnya : Politik bernegara, politik berdagang, politik pergaulan, politik beragama, dsb.

Mau makan saja biasanya kita terkadang berpolitik sedikit, alias bagaimana caranya makan yang enak, tentu harus dipikirkan juga tetek bengeknya. Cuma yang banyak jadi problem adalah cara berpolitik di institusi pemerintahan (negara). Politik di bidang ini selalu tidak terlepas dari budaya seseorang, agama dan pendidikan yang telah diterimanya. Pehatikan saja oknum-oknum tertentu yang hidup dalam dunia politik. Wajar kita semua adalah manusia biasa yang tak luput dari kekurangan dan kesalahan, dan kita semua tidak bisa merangkul semua sifat dan karakter manusia.

Sebuah konyolan, apabila kita selalu pesimis dan menganggap sesuatu itu buruk atau kejam. Pada dasarnya politik itu tidaklah sekejam yang dibayangkan, itu hanya tergantung dari pribadi individu yang berkecimpung di dunia politik tersebut. Saya beranalogi seperti berikut : Sebuah kampak anggaplah itu politik, dan kampak tersebut akan berguna apabila yang memegang adalah seorang tukang kayu untuk memotong kayu. Tetapi kampak tersebut bisa berubah fungsi apabila yang memegang adalah seorang preman atau penjahat, itu sangat berbahaya dan menakutkan karena bisa saja kampak tersebut untuk melukai, membunuh, mencelakai atau bahkan memutilasi bagian tubuh seseorang (yang sering terjadi belakangan ini) atau bahkan banyak orang.

Jadi menurut pemikiran saya pribadi dari analogi diatas adalah bahwa politik itu merupakan suatu alat untuk menciptakan suatu kehidupan yang lebih baik, lebih indah dan lebih sejahtera apabila berada ditangan orang yang tepat.

Semoga pada pesta demokrasi di Negara kita nanti, kita memilih dengan tepat, memilih seseorang yang memang pantas untuk duduk dikursi pemerintahan, bukan memilih seorang penjahat.

Semoga tulisan saya ini bermanfaat bagi kita semua. Amin.

Tidak ada komentar: