Senin, Maret 02, 2009

Makna Kejujuran

Terpikir olehku apakah sangat sulit bagi manusia sekarang ini melakukan sebuah kejujuran? Tidak hanya untuk orang lain, untuk dirinya sendiri. Melakukannya apakah kita harus belajar dahulu?. Atau memang dari hati kita memang tidak ingin berbuat jujur? Bisakah kita jujur?

Banyak orang bilang kejujuran bagi manusia jaman sekarang adalah sesuatu harta yang sangat sulit dicari. Meskipun banyak yang mengangap tidak bernilai, tapi ini kejujuran adalah nilai lebih dari setiap manusia yang berbeda. Begitu sulitnya menemukan kejujuran, bahkan meskipun perut sudah penuh dengan makanan. Tapi masih saja berani mengatakan masih kelaparan di antara orang-orang yang benar-benar kelaparan.

Hilangnya kejujuran di hati nurani manusia memberikan dampak yang tidak saja menyusahkan diri sendiri, namun orang lain juga pastinya terkena dampaknya. Seperti korupsi uang yang seharusnya bukan miliknya, orang yang kaya seharusnya membantu rakyat miskin malah membeli BBM subsidi, padahal untuk BBM subsidi itu milik rakyat miskin.

Lalu bisakah kita belajar jujur di sekolah, lingkungan sosial, awal mulanya dari orang tua, atau malah melalui sebuah buku?

Mohon pendapat?

Tidak ada komentar: